Minggu, 12 Juli 2009

Tutorial : Membuat Action Dengan Photoshop

Ini adalah tutorial yang banyak diminta, yaitu membuat action dengan photoshop..Tapi tunggu dulu apakah sebenarnya action itu?? Gampangnya seperti ini action mirip dengan perintah untuk mengerjakan sesuatu secara serentak, misalnya resize dan save objek secara bersama-sama, contoh kasus kamu ingin mengatur ukuran image 800x600 image kamu jumlah nya 100, capek kan klo di kerjakan 1 per 1.. Biar lebih praktis bisa dengan action tinggal klik klik..dan ajaib... Image tersebut bisa secara sentak di resize dan save hanya dengan mengklik action!!! Gimana Ok kan?... inilah alasan mengapa banyak yang minta tutorial action, N ah seperti ini cara membuat action :

1. Buka Photoshop
2. Klik Windows >> Action >> Muncul Pallete Action
3. Klik Create New Set >> Misalnya ActionKu
4. Klik Create New Action >> Misalnya ActionKu
5. Buka dulu gambar yang ingin di resize misalnya gambar ini, yang tadinya berukuran (..................) menjadi berukuran (600x400)
6. Aktifkan Record
7. Lalu saat nya melakukan action ( misalnya ingin mengatur curve, menaikan Contras, mengatur level, mengecilkan ukuran jadi 600x400, lalu save, terakhir di close
8. Stop recording
9. Saat nya menggunakan Action tadi, sekarang buka gamabr baru lalu klik action : ActionKu maka gambar baru akan mengalami pengaturan seperti hasil record kita tadi yaitu : (curve, menaikan Contras, mengatur level, mengecilkan ukuran jadi 600x400, save, dan close )
10. Jreng Jreng.... gimana berhasil kan.....Ajaib ya Photoshop emang canggih banget.....

Selesai ?? Belum Bro dikit lagi.......

Nah ini yang digunakan untuk mengatur image yang sama dalam 1 folder ( misalnya folder mu berisi 1000 image....hee banyakbanget )...
1. Klik File >> Automate >> Batch >> Tentukan Folder Asal ( Source Folder ) >> Choose ( pilih folder asal ) dan Destination >> Choose ( Folder dimana file akan disimpan ), lalu Ok. Selesai





6 comments:

Andrie on 20 Februari 2010 19.06 mengatakan...

Terimaksih sekali, saya sudah lama cari tutorial ini.

Anonim mengatakan...

saya nggak nyangka,..ternyata apa yg saya cari2..ketahuan juga disini...very-very good blog wes..!trima kasih ya..akhirnya dapat juga ilmunya.

R N B mengatakan...

Sam asama sob senang bisa membantu

hilfans on 25 Mei 2011 08.28 mengatakan...

asal jangan lupa aja pakai yang original photoshopnya, jangan bajakan.... ;)

Lirik Lagu on 23 Februari 2012 19.51 mengatakan...

canggih emang si soto sop ini...saya mau resize 100 foto..mau coba dulu ah nie tutor...

bagas on 17 Januari 2014 19.27 mengatakan...

dulu aq bkin artikel dengan materi ini inspirasinya dari blog tutorial-tip-trik.blogspot.com sekrang sudah sy terapkan dengan gaya bahasa saya sendiri di Cara membuat photoshop actions sederhana makasih min sudah berbagi.

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar tentang blog ini, usulan, saran dan kritik serta ide ide yang membangun.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hobi Unduh Fans

Berlangganan

Masukkan Emailmu Untuk Berlangganan Tutorial Terbaru Via Email:

Delivered by FeedBurner

 

Banner

Site Info

Powered by  MyPagerank.Net

widget
Postingan
Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik

Pop Up

Tutorial Tip Trik Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template