Senin, 28 Desember 2009

Penggabungan Dua Lagu dengan Cool Edit Pro 2.0

Rahmad Husein H
R124HM417@YAHOO.COM

Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan
disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat
tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang
disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang,
kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.


Cool edit pro adalah software yang digunakan untuk mengedit file-file yang berekstensi
mp3, wav, cda, cel dan sebagainya yang mendukung format suara. Pada pembahasan kali
ini kita akan mencoba menggabungkan (mixing) suara dalam hal ini lagu, antara lagu
yang satu dengan yang lainnya, dan berbagai efek yang bisa digunakan dalam cool edit
pro 2.0.
1. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah buka program cool edit pro seperti
terlihat pada gambar di bawah ini.

gambar1
gambar1


2. Pilih file open, masukkan lagu-lagu yang anda punyai.
Pada gambar di bawah ini saya memasukkan lagu rocker juga manusia miliknya
serious band dan lagu berlalu milikny the fly, seperti terlihat pada gambar.
ce2


Pada saat lagu dimainkan waktu yang ada di toolbarnya akan berjalan.
3. Langkah berikutnya adalah mainkan lagu pertama sampai kira-kira waktu
menunjukkan 20 detik kemudian klik stop. Dan bloklah lagu tersebut.
ce3Lagu dalam keadaan terblok dari detik awal sampai deti ke 20,190


4. Copykan dengan cara pilih menu edit → copy to new. Maka pada daftar lagu
yang terbuka akan bertambah 1 file lagu yang bertuliskan rocker juga manusia 2.
5. Lakukan hal yang sama pada lagu kedua, blok lagu pada detik sesuai selera anda
dan copy file tersebut seperti yang di jelaskan di atas.
Sekarang tampilan cool edit pro menjadi seperti berikut:
ce4
Ada 2 file baru hasil pengcopyan tadi.




6. Sekarang klik 2x pada lagu yang baru tercipta, pada penjelasan ini saya mengklik
file rocker juga manusia 2.
7. Blok semua area kerja dari cool edit pro sampai tampilannya menjadi agak keabuabuan
seperti terlihat pada gambar:
ce5Hasil pemblokan dari file

8. Kemudian pilih menu edit → copy.

9. Kemudian double klik file yang kedua, dalam hal ini saya mengklik file the fly
berlalu 2.
10. Kemudian klik pada tool bar paling kiri pojok bawah yang bertuliskan go to end
or next cue, fungsinya supaya lagu the fly 2 tersebut berada pada paling akhir
lagu. Kemudian klik paste.
ce6
ce7

11. Klik tombol play. Nah sekarang dengarkan hasil mixing atau penggabungan dua
lagu yang berbeda menjadi satu file.
Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
Dalam hal ini anda bebas melakukan paste dimana aja sesuai selera, diawal,
tengah-tengah ataupun diakhir.
Langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah menambahkan effect pada
lagu tersebut.
12. Pilih tab effect atau menu effect, terlihat efek-efek yang dapat kita gunakan untuk
memodifikasi suara (lagu). Pada pembahasan ini kita akan menggunakan efek
special → distortion.
13. Pada keadaan file terblok pilih tab effect→ special→ distortion dan klik 2x.
Seperti terlihat pada gambar
ce8

14. Pada preset pilihlah background noise dan klik preview, anda juga dapat
menggeser kurva yang ada sesuai dengan selera anda. kemudian dengarkan dan
rasakan perbedaan dari suara awalnya. Anda dapat mencoba mencoba bagian
yang lain pada menu preset. Ataupun di menu effect.

Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.

11 comments:

usaha murah on 28 Januari 2010 04.47 mengatakan...

Klo edit suara cowo jadi cewek ato sebaliknya gmn gan? trims

rhayant mengatakan...

cara nyimpan nya gimana nih .... ???
jelasin secara lengkap dan rinci dong..!
bales via facebook aja..
Axl Rhayant

BLOGE CAH BANARAN on 14 Desember 2010 18.43 mengatakan...

gan, . . kalo disimpan hasil editannya hanya dalam durasi 1:04 menit doang . . nah biar bisa kesimpen semua gimana ni . . ?
bikin tutorial lagi dong. . .khusus cara nyimpen hasil editan menjadi mp3 .. . .
thank tutorial sebelumnya. .

qino on 12 Maret 2011 22.22 mengatakan...

thank u. lagi belajar cooledit...semoga saya bisa

Anonim mengatakan...

aduuuuh... inyonge rodok bingung sian

Cemutsz_Minsun_Bieber on 31 Mei 2011 17.24 mengatakan...

coba2 dlu ahhh,,,, , makasionnngg

Nanke on 15 November 2011 09.05 mengatakan...

ahh coba in ah, gpp, ikutin lagunya.. biar aa ispirasi lain nya... thanks Tutorial pip trik..
MANTAB.......

HAMMAS ALMUKHLISIN on 9 Januari 2012 07.27 mengatakan...

kalo cara ngtrack lagu ,,,,tolong ya mas bro tutornya di tunggu atau kirim emil saya aja aandisaputra@gmail.com

Anonim mengatakan...

saya pemula, mau tanya : lagu pertama tuh harus 20.190 aja ya ?

Anonim mengatakan...

makasih infonya.. ijin copy yah..

SUTRISNO on 1 Oktober 2012 18.20 mengatakan...

Pertanyaan sama dengan yang lain, cara ngesave nya yang sulit, soale yang masuk hanya satu lagu....cepet donk ditunggu ma temen2...mkch !

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar tentang blog ini, usulan, saran dan kritik serta ide ide yang membangun.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hobi Unduh Fans

Berlangganan

Masukkan Emailmu Untuk Berlangganan Tutorial Terbaru Via Email:

Delivered by FeedBurner

 

Banner

Site Info

Powered by  MyPagerank.Net

widget
Postingan
Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik

Pop Up

Tutorial Tip Trik Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template