Monday, December 28, 2009

Seputar Macromedia Director

 Berikut adalah daftar FAQ seputar macromedia director yang dibahas di web hendihen.com


20 Tutorial + CD
   
III. FAQ Macromedia Director

1. Membuat file Projector di Director MX2004 gimana ya?
Jawab: menu : File --> Publish Setting ,Pastikan checklist Projector aktif. Lalu klik tombol Publish.

2. Gimana caranya menghilangkan titlebar saat dibuat projector?
Jawab: Kalau pake macromedia Director MX 2004, aktifkan Stage/movie, di Property Inspector ->Display template : Titlebar option matikan ceklis Visible.

3. Tombol saya buat dengan tools, setelah diberi script "go frame 31" koq ga jalan?
Jawab:Director MX2004 mempunyai panel tools telah menggantikan tools yang ada di versi sebelumnya. Termasuk tool tombol, kini bentuknya berupa flash button. Untuk mengembalikan ke tools versi "classic", ganti kata default dengan classic di bawah tools, maka tombol yang anda inginkan bisa tampil dan digunakan seperti di buku.- Jika masih tetap lebih suka dengan tombol flash, akan ada masalah di Script sehingga perintah "go frame XX" tidak berfungsi. Untuk membuat tombol dapat bekerja dengan script, di property inspector --> Flash component, aktifkan EventPassMode menjadi #passAlways.Sekarang script dapat anda terapkan di tombol flash.

4. Apa bedanya Macromedia Director dan Flash?
Jawab: Fungsinya memang hampir sama yaitu untuk multimedia interaktif, bedanya Flash cocok untuk buat web/online, tombol, ilustrasi kartun karena basisnya vector. Director cocok untuk presentasi dengan media CD, file2 multimedia ukuran besar (DVD, MPG, MP3), gambar2 dari photoshop, karena basisnya bitmap.

5. Gimana agar file video bisa tersimpan di belakang file jpeg?
Jawab: Gunakan Video format AVI dengan codec cinepak agar bisa lancar di semua komputer. Di property inspector matikan checklist DTS (Direct to Stage)

6. Gimana Script tombol supaya bisa buka explorer folder tertentu relatif terhadap projector?
Jawab:
on mouseup me
open "image" with "explorer"
end
artinya: script akan membuka folder image dengan explorer. Sayangnya untuk membuka folder lebih dalam lagi (misal folder image/photo) tidak berhasil
7. Gimana Script tombol untuk membuka file *.pdf?
Jawab: Anda bisa menggunakan Acrobat Reader atau Foxit Reader. Buat Script tombol sbb:
Jika anda menggunaka Foxit Reader:
on mouseup me
open "@/data/readme.pdf" with "foxit.exe"
end
Keterangan: script akan membuka file readme.pdf di folder data dengan foxit PDF reader. Foxit PDF lebih mudah dan cepat daripada Acrobat Reader terbaru. Catatan: Lokasi file Foxit.exe sama dengan Projector.exe
Jika anda menggunaka Acrobat Reader:
on mouseup me
open "@/data/readme.pdf" with "acrord32.exe"
end
Keterangan: Anda harus mengcopykan pula file pendukung (*.dll) ke CD di folder yang sama dengan Projector.exe agar Acrobat bisa dijalankan di komputer yang tidak terinstall Acrobat. Lebih baik gunakan acrobat versi 4 agar loading *.pdf lebih cepat dari pada Foxit Reader.

8. Gimana cara membuat perintah nge-print pada tombol?
Jawab: di tombol print tsb beri script:
on mouseUp me
printFrom label 30, 100
end.
artinya: print tampilan di frame 30 sebesar 100% (normal)

9. Gimana supaya objek W3D bisa background transparan?
Jawab: klik objek 3d, di property inspector, nonaktifkan DTS (direct to stage),  lalu ganti ink dari Copy ke Background Transparent

10.Gimana supaya jika Virtual Reality dengan objek W3D tidak tembus Tembok?
Jawab: Hal tsb akan dijelaskan di buku 'the magic of macromedia director' edisi revisi bab 25. Untuk memperlihatkan fungsi collision detection silakan pelajari file vr2.dir.

11. Gimana caranya projector agar benar-benar Fullscreen?
Jawab:
- Copy file dmchangres.x32 ke folder:
   C:\Program Files\Macromedia\Director MX 2004\Configuration\Xtras
- buat frame script di awal movie (frame 1)sbb:
   on exit frame
    changeRes([640,480])
   end
- Aktifkan Stage/movie, di Property Inspector -> Display Template :
   Location (0,0),
   matikan ceklis Center
   matikan ceklis Visible pada option Titlebar
- Save Pekerjaan anda, Menu File -> Save misal di folder My Documents
- Pilih menu File -> Publish Setting : klik tab Projector,
  matikan ceklis Center Stage in Monitor ,
  Aktifkan ceklis Fullscreen,
- Jika klik tombol Publish maka akan ada pesan 'Script error, continue?' oleh karena itu anda harus membuat folder baru dengan nama XTRAS di My Documents. lalu copy file dmchangres.x32 di folder XTRAS tsb.
- Coba jalankan kembali file EXE anda. - beres!
Untuk mencoba silakan download dan pelajari file fullscreen.zip yang berisi file yang dibuat di DirectorMX 2004 tentang fullscreen.

12. Bagaimana menentukan harga sebuah cd interaktif,?
Jawab:Untuk mentukan harga karya seni, ada 3 pendekatan yang biasa saya lakukan:
pertama: menentukan harga sesuai content , kerumitan dan sumber daya yang dipaka
kedua : menentukan harga sesuai budget klien, kualitas menyesuaikan
ketiga : menentukan harga sesuai harga pesaing di pasaran
Anda dapat bebas menentukan sebuah karya seni, selama klien merasa puas. Saya menghindari pendekatan ke 3, karena karya seni mempunyai nilai yang abstrak seperti portofolio / pengalaman, nama besar dll. Dengan meningkatnya kualitas dan pengalaman kita akan tinggi pula daya saing dan daya jual karya kita. Contoh kasus CD-Interaktif, SDM yang terlibat antara lain:- Programmer Director / Flash, Narator / pembaca naskah, Animator untuk opening ,Desainer Grafis yang mengusai photoshop, coreldraw dll, - Sumber data / orang yang mengambil data image, video dan teks masing - masing mempunyai harga yang harus dipenuhi dan disepakati

13. Bagaimana cara register Directmedia Xtras?
Jawab:. Copy file directmediaxtras.x32 di CD folder xtras ke folder project anda, karena file tsb sudah di crack. Lalu klik register isi dengan nama sembarang. Restart Directornya

Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.

32 comments:

Anonymous said...

sy mau tnya, knapa waktu saya coba buka file eksternal,contoh scriptnya yg saya gunakan : open "video/ball.avi" with "C:\\Program Files\K-lite Codec Pack 5\Media Player Classic\wmpc.exe, waktu sy klik tmbol yg sy buat,yang muncul cuma wmp classic nya aja trus ada tulisan file not found, pdhl file video itu udah bener aku taruh di folder video. mohon bantuannya apa ada yang salah dari script saya....

R n B on May 30, 2010 at 6:00 PM said...

Aku coba cobba dulu ya ... klo aku sudah ketemu aku kasih tahu... soalnya sudah lumayan lama tidak mengunnakan director. OK

Admin on June 2, 2010 at 6:20 PM said...

Memang ada yang kurang tepat pasa script nya ( kemungkinan ) aku sudah buat script untuk open file ( seperti yang aku janjikan ) tapi hari ini lupa aku bawa ke kantor padahal sudah aku tulis di buku catetanku InsyAlloh besok ya sob aku upload

Anonymous said...

Mas,saya minta tutorial MX 04 dong.
Yang gampang2 aja ,yang penting ada "tree" nya
Saya mash baru mengenal Dir Mx ini
trims..

Unknown on July 11, 2010 at 11:23 PM said...

saya seorang guru yg coba2 membuat sebuah media pembelajaran menggunakan macromedia director, yg jadi permasalahan bagaimana cara membuat tes multiple choice dimana hasil tes tersebut muncul secara otomatis (jumlah benar salah dan nilainya). tolong bantu ya... Terima Kasih.

purwanto said...

bisa minta tutorialnya mas...
ato ebboknya juga kalo ada...
pengen belajar nieh mas, kayakhya seru...

kalo lg baek hati tolong kasih link ato kirim via email
strike_set@yahoo.com

tq
purwanto

Anonymous said...

klo pake director 11 tip and trik yang sering dipake apa ya.. coz q pengen bisa.......
newbie sich...

Admin on October 17, 2010 at 7:32 PM said...

sebenarnya tidak terllau beda antara versi2 director aku pakai 10 dan 11 juga mirip walau ada perbedaan tetapi tidak terlalu banyak kok

Anonymous said...

Salam kenal,saya mau tanya kalo pake director apa stage sizenya harus slalu 640x480 ? apa krn stage size 640x480 yg paling cocok untuk director?

Admin on January 25, 2011 at 10:46 PM said...

tidak mesti 640 x 480 sob bisa pakai yg lebih besar juga, ini hanya kebiasaan memnag biasa penulis buku juga menggunakan ukuran ini, tetapi jik aingin mengunakan ukuran lain juga bisa

Anonymous said...

kaka,,,
pasti tau script-script DIRECTOR MX kan
and jga fungsinya ya kan.
tar klo dah jadi,,,
ksih tau saya,
adul.slow@gmail.com

coz saya lg disruh bkin CD interaktif utk tgas akhir,,

Anonymous said...

Salam kenal, saya sedang memcoba-coba membuat sebuah aplikasi Al-Quran digital. Bagaimana script ketika mause berada pada tulisan (kata)arab, maka akan muncul arti bahasa indonesia (per kata)?
atau ketika mouse berada pada gambar A akan muncul gambar B. terimakasih

Anonymous said...

saya mau tanya soal kriteria perbandingan sofrtware antara macromedia flash 8 dengan maromedia dirextor

Anonymous said...

salam kenal.....
nama saya : maulana saefi
email : evan_fruits@yahoo.com

saya ada masalah tentang kriteia perbandingan software antara macromedia flash8 dengan macromedia dirextor.....

saya mohon di konfrims ya....
tolong kasih tahu jawaban ya di enail saya...
terima kasih sebelum nya....
semoga blog ini terus berkembang dengan karya -karya ya...

husni said...

mas saya mau tanya
kok di macromedia tidak bisa untuk nulis huruf arab..gimana solusinya??
mohon pencerahan!!!

Bryand said...

Sesepuh numpang tanya ni.., bgaimana y script bila mouse mndekat objek trsebut maka itu akan berubah k bentuk yang lain yng sebelunya sudah di buat di PS ...
mohon arahan ny saodraku ...

: on July 13, 2011 at 11:34 PM said...

dmchangres.x32 saya ga punya file tersebut tolong dimana downloadnya, sy lebih senang bila berkenan krimkan file tsb ke email sy. Terima kasih banyak.

ichsan on July 19, 2011 at 1:50 PM said...

sorry mo curhat.. waktu ane mo publish ke exe ko di publish settingnya tombol windows projectornya ga aktip ya, kenapa tu ya? mana besok presentasi..

endang on January 9, 2012 at 7:43 PM said...

jossss :D
thanks Tutorialnya

Anonymous said...

makasih gan atas info dan pencerahannya,.kalau boleh,. saya minta tutorial macromedia director 11 yang free,..soalnya saya mau coba membuat tutorial interaktif..ini e-mail saya : yusufmahessa@gmail.com

T.E.R.N.O.D.A on March 2, 2012 at 4:25 AM said...

bagaimana caranya membuat layar fullscreen projector pada macromedia director 8..?

Anonymous said...

gan kenapa waktu bikin file projector.exe yang isinya file W3D dalam project macromedia directornya ketika file exe nya aku jalanin tiba-tiba nge- close sendiri ya ????? tak coba bikin file exe nya tetap aja gitu... ada solusi gak ??

Anonymous said...

wah,....om ni dah jagoo.....sayay malah lupa lagi tapi berkeiinginan....memperdalam lagi.

mohon bantuan suhu

Anonymous said...

gan ko perintah print ga bisa ya ?
apa gara2 pakai win7 gan ?

Anonymous said...

Salam....
klw kita kasi kode/pin, trus pin/kodex lupa apa bisa kita reset lagimas...???

aroestian said...

wach info menarik nich,.. lam kenal mas,... ane sekalian tanya juga y klo script buat keluar program ap y,... dan untuk membut full scren dan autorun apakah sama dengan flass mas,.. trims

Jhoe Nes on September 17, 2012 at 8:11 PM said...

bgini gan klo logo director yng udah di publish kan logonya masih director klo di ganti logo kita sendiri gmana tu gan ?

Anonymous said...

mas kenapa ya kok aku di director 11tidak bisa membuat projector.exe?????
tanda centangnya kekunci ,biar aktifin tanda centangnya gimana ya??:(

Unknown on December 26, 2014 at 2:03 AM said...

Email : ucisuci232@gmail.com
Hallo ka,
Aku ga tau scrift2 mac.director. soalnya pas aku buka beda sma flash. Ka tolong posting di email aku ya fungsi sama cra pnulisan scriftnya. Trimakasih

Anonymous said...

kak mohon bantuannya berupa contoh2 program director uang paling sederhana-sederhana aja soalnya baru mulai neeh baru selesai install

Anonymous said...

Mas mau tanya dong syarat untuk import .w3d soalnya saya gagal trus ketika import w3d
Trimakasih

Made Putra on April 15, 2020 at 11:56 PM said...

Ulasan pemanfaatan webXtra di buku The magic of director seperti nya masih ada yang kurang, setelah dicoba ,kok tidak jalan?
Bagaimana caranya ngambil data
"Index.html" dari website kita?
Setelah di explore Yang ada hanya index PHP , Apakah sama?
Mohon pencerahannya mas Hendy 🙏

Post a Comment

Silahkan tulis komentar tentang blog ini, usulan, saran dan kritik serta ide ide yang membangun.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hobi Unduh Fans

Berlangganan

Masukkan Emailmu Untuk Berlangganan Tutorial Terbaru Via Email:

Delivered by FeedBurner

 

Banner

Site Info

Powered by  MyPagerank.Net

widget
Postingan
Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik

Pop Up

Tutorial Tip Trik Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template