Senin, 09 November 2009

Tes wartegg,Tes Psikologi dan Skolaristik

Bagi teman-teman yang penah mengikuti psikotest, ada jenis soal gambar seperti berikut ini :

wartegg-test


Dalam psikotest itu dinamakan Wartegg Test. Ada 8 kotak berisi lambang aneh ( bentuk yang harus diselesaikan ) Test ini untuk mengukur emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Dalam test ini, kita diminta untuk melengkapi gambar yang ada di kotak-kotak tersebut ( 4 garis lurus & 4 garis lengkung ). Setelah itu, kita diminta untuk mengurutkan gambar dalam kotak nomor berapa yang terlebih dahulu dibuat dan memberi nama gambar. Kemudian kita diminta menuliskan gambar mana yang paling mudah, paling sulit, paling disukai dan tidak disukai.



Dari cara menggambar ini bisa dilihat kepribadian seseorang. Apa yang kita gambarpun ‘konon’ juga menunjukkan kepribadian dan kemampuan IQ kita.
Namun, psikotest tersebut hanyalah buatan manusia untuk mengetahui kepribadian secara umum.








Berikut ini contoh aplikasinya : maksud nya contoh dari gambar garis di atas tadi, sesudah di berikan bentuk menurut imaginasi dari seseoarang yang mengikuti tes ini :





Tes menggambar ini (wartegg) tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian anda dari cara menggambar dan apa yang anda gambar. Berikut Rahasianya :



Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII). Yang perlu anda ingat adalah untuk garis lengkung sebaiknya anda menggambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya anda menggambar benda mati. Jika anda menggambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian anda.

Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal : jika saat mengambar anda terlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa anda adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan jika anda menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti anda termasuk orang yang keras kepala.

Apa yang anda gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ anda. Jika anda menggambar sesuatu yang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika anda menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan”

Namun demikian, tes psiko hanyalah merupakan suatu alat buatan manusia untuk mengetahui kepribadian seseorang secara umum saja. Kesimpulan yang dihasilkannya boleh jadi berbeda dengan kepribadian yang sesungguhnya. Hal ini diakui oleh para psikolog sendiri bahwa tidak ada satu pun tes di jagad raya ini yang benar-benar akurat dapat menilai kemampuan dan kepribadian seseorang.

Isi dari masing2 gambar :

 
gbr 1. berupa titik ditengah kotak : ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan
gbr 2. berupa ~ tp berada di kotak sebelah kiri : menunjukkan fleksibilitas perasaan.
gbr 3. berupa 3 garis horisontal dr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ ambisi
gbr 4. berupa kotak kecil di sebelah kanan : mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan
gbr 5. seperti huruf T tp miring (susah gambarin nya) : mengukur bagaimana cara bertindak.
gbr 6. berupa garis horisontal & vertikal : mengukur cara berpikir / analisa & sintesa
gbr 7. berupa titik2 : menyangkut kehidupan dan perasaan ( apakah sudah stabil, kekanakan)
gbr 8. berupa lengkungan : mengenai kehidupan sosial/ hubungan social



Nb : Bagi teman teman yang ikut daftar pegadaian sebaiknya ( hi,.... bocoran nie : gamabr no 8 diganti logo pegadaian yang timbangan itu aja hee.... )

47 comments:

Anonim mengatakan...

makasih banget untuk contoh tes psikologi ini semoga sangat membantu saya dalam melakukan perjalana tes berikutnya :)

R n B on 16 Desember 2009 19.41 mengatakan...

ya sob sama sama ... semoga sukses.

Anonim mengatakan...

makasih banyak tulisannya...sangat membantu..semoga bisa terus menulis.. oya, untuk tes menggambar orang/manusia gimana ya bisa dijelasin gak??

R n B on 24 Januari 2010 16.46 mengatakan...

kalau gambar orang / manusia setidak nya buatlah secara lengkap dari ujung rambut samapi ujung kaki semuanya bisa terlihat termasuk tangannya, penilaian tidak berdasar keindahan gambar tetapi dari kelengkapan gambar dan goresan pensil, jadi usahakan jangan ada yang dihapus dan gunkan garis tegas.

Anonim mengatakan...

besik ada tes buat kuliah nii ..
ini bisa jadi referensi..
makasih ya..

Anonim mengatakan...

wah berguna banget..sabtu skrg, saya ada psikotest nih..
doain yah..
di psikotest yang kmrn, warteggnya saya malah kebalik balik..jadi sedih :(
hehe..btw, makasih byk..

R n B on 13 Mei 2010 21.00 mengatakan...

sama sama sob... semoga membantu inni juga aku buat setelah aku ikut tes itu..... wkwkwkwk

Anonim mengatakan...

baru tau.. nice info...

terima kasih banyak

Anonim mengatakan...

infonya cukup bermanfaat..namun harus diingat oleh penulis bahwa tes psikologi adalah battery tes. sehingga percuma saja mengelabui hanya tes wartegg. selain itu, untuk beberapa stimulus saya rasa interpretasinya kurang sesuai. misalnya, stimulu 2 merupakan penyesuaian diri dengan linkungan sosial.

Anonim mengatakan...

ouw...getho Toch...!! Thx ya..

Anonim mengatakan...

wah makasih bangt yaa kak, ini buat masuk usm ITB bukan ? tes ini selalu sama tiap tahunnya kak ?

R n B on 4 Oktober 2010 18.08 mengatakan...

tes ini aku pernah dapat waktu tes masuk BUMN , jika model soal mirip mirip seperti ini memang terkadnag di gunakan dalam semua tes baik masuk perguruna tinggi atau tes kerja

R n B on 4 Oktober 2010 18.15 mengatakan...

Anonim mengatakan...

infonya cukup bermanfaat..namun harus diingat oleh penulis bahwa tes psikologi adalah battery tes. sehingga percuma saja mengelabui hanya tes wartegg. selain itu, untuk beberapa stimulus saya rasa interpretasinya kurang sesuai. misalnya, stimulu 2 merupakan penyesuaian diri dengan linkungan sosial.

-----------------------------------------------
RnB Admin : iya terimakasih masukkan tetapi sekali lagi apa apa yg saya posting di blog ini bertujuan untuk membagi pengetahuan saya secara cuma cuma kepada teman teman yg mengakses blog saya, memang ini hanya sebagain kecil tes mungkin sebagain yg lain dibahas di buku buku petunjuk tes lainnya, apa yg tersaji disini hanya sekedar refesensi bagi pengunjung blog ini saja. dan semoag bisa dimanfaatkan

cha2 mengatakan...

selain test warteg ada test apa lg yah..
maksiih

R n B on 19 Oktober 2010 19.17 mengatakan...

Masih banyak tes tes lain semacam bahasa inggris, wawancara, psiko tes, terus disiplin ilmu dll

Anonim mengatakan...

Trus bagaimana dengan diminta menuliskan gambar mana yang paling mudah, paling sulit, paling disukai dan tidak disukai. Apa pengaruh dari masing2 yang kita pilih ini
Thx

Anonim mengatakan...

Makasih banget ya udah mau berbagi pengetahuan sama teman-teman yang lain, semoga tes kali ini saya bisa lulus.

blog psikologi on 14 November 2010 05.35 mengatakan...

salam kenal…
saya juga menulis tentang tata cara penyajian (termasuk instruksinya) dan pengadministrasian Tes Wartegg, bisa dibaca di:

Cara Penyajian dan Pengadministrasian Tes Wartegg.

Anonim mengatakan...

jawablah psikotes apa adanya jangan diatur2. jangan lupa berdoa. psikotes bukan mencari siapa yang pintar atau bodoh tetapi kecocokan kepribadian dengan pekerjaan.

Anonim mengatakan...

iya...iya.... mending lo bentuk aja karakter diri loe. mau test apa aja pasti lewat dech...

mie aja mengatakan...

makasih banyak
saya sangat terbantu

Anonim mengatakan...

dari artikel yang saya baca dari blog Anda, bukanya garis lengkung digambar dengan benda hidup?? trus kalo digambar dengan logo pegadaian bukanya benda mati???

Admin on 25 Januari 2011 22.45 mengatakan...

saat saya dulu ikut tes ini saya pakai gambar logo timbangan pegadaian dan saya diterima kerja disana :d , tetapi aspek penilain tidak hanya itu saja sob , bisa juga gambar payung teman saya yg gambar payung juga diterima lho :d , tetapi teori memang benda hidup, kemungkinan si psikolog nya menilai dengan sudut pandang yg berbeda

Anonim mengatakan...

kemaren ak gambarnya kura2 buat kotak nomor 8

Anonim mengatakan...

makasih banget atas masukannya_saya sanagt terbantu......

Anonim mengatakan...

thanks gan.,

membantu gue banget nih,.,.

Anonim mengatakan...

gambar nomor 1 sudah benar, kalau bisa di modifikasikan menjadi bunga matahari berkelopak jelas dan tegas, serta selingi ada kumbang yg menghisap madu di atas kelopaknya, gambar kedua sudah bagus menggambar burung terbang, gbr kotak ketiga juga mantab, gbr kotak keempat berkesan selalu mengkaburkan permasalahan shg orangnya selalu lari dari permasalahan apapun, gambarlah sesuatu yg menjurus ke religi, bisa dikembangkan dng bentuk tiang (perpanjang dari kotak kebawah sbg bentuk tiang)atasnya dikasih kuvah kecil,sambung sebelahnya ada bangunan besar dan berkubah juga dan kasih diatasnya bulan dan bintang, jadi mesjid deh (bagi muslim) atau kreasikan bagi non-muslim lainnya juga bisa.Intinya jelas dan tidak umum dan setiap ada permasalahan orang tsb selalu berdoa dan tdk akan lepas dr tanggung jawabnya.gbr kotak kelima sudah bagus terkesan bertindak secara langsung pd sasaran.Atau kalau mau lebih proporsional gambar pulpen steno (yg biasa pakai tinta)menggambarkan detail cara yg dia akan lakukan. Gbr ke 6 sudah baik sekali dgn memakai ilustrasi kamera, menggambarkan ia seseorang yg merekam semua kejadian dgn baik (cocok jadi detektip nih :-)), gbr 7 tapak sepatu, merupakan pengalihan dari pikiran nya terhadap permasalahan, yg sebaiknya tetap konsisten lebih konsentrasi lagi mengembangkan titik tersebut. Tapak sepatu terkesan bhw seseorang yg selalu menghindari tapi tak mau terlepas dari perhatian, agak childiest sih. Sebaiknya menggambar biji buah kiwi/pepaya lengkap dengan bentuk buah yg dibelah, menandakan kematangan pribadi dan siapmenghadapi kehidupan..gbr kedelapan, bentuk lengkung bisa anda kembangkan dengan menggambarkan bentuk kepala orang diberi rambut dan tersenyum, atau gambar mata sebelah, atau telinga semua lengkap detail, menandakan bhw anda fokus pd kehidupan sosialisasi anda, anda pendengar yg baik,atau telur yg menetas ada anak ayam diantaranya, penanda bhw anda problem solve bagi kehidupan sosialanda.silahkan berimajinasi...sukses selalu.

Anonim mengatakan...

saya kira, saya melihat gambar tersebut, saya akan mengatakan orang tersebut adalah orang yang mempunyai sisi tegas, bisa dipercaya, sisi keras kepala, terlalu perfectsionis, mempunyai masa lalu yang pahit, ada perasaan membenci (ingatan masa lalu), kurang rasa aman juga ada, kurang berani mengambil resiko yang terlalu, motivasi nampak, tdk suka diatur.
menurut saya c begitu

Anonim mengatakan...

hehehhehe

Anonim mengatakan...

mau tanya klo disuruh pilih mana yang disukai tidak disukai sama yang mudah dan sulit...no berapa aja ya?thx..

Anonim mengatakan...

Saya seorang lulusan psikolog.
Komentar saya sayang sekali ada orang seperti Anda membocorkan tes semacam ini, tapi hanya 30% yang Anda jelaskan benar.

Mengapa tes psikologi tidak disebarluaskan kepada orang2 non-psikologi? Tujuannya bukan untuk suatu ekskusivitas, namun setiap orang sangat beragam, tidak selalu berarti 2 orang menggambar hal / benda yang sama memiliki karakteristik kepribadian yang sama.

Perlu bertahun2 belajar untuk dapat menginterpretasikan hasil psikotes. Bahkan seorang S1 Psikologi belum boleh melakukannya. Salah interpretasi dapat mengakibatkan "labeling" pada orang lain dan hal ini dapat mengganggu kesejahteraan psikologis seseorang.

Jadi buat teman2, saran saya adalah lakukan psikotes sesuai dengan diri Anda apa adanya. Faking good dalam mengerjakan psikotes akan tampak jelas pada hasil akhir psikotes Anda.

Pada dasarnya psikotes dilakukan untuk menempatkan Anda pada posisi yang tepat di perusahaan atau tes kepribadian untuk menggambarkan diri Anda sebenarnya.

Anonim mengatakan...

hada sama persis..... telat saya bacannya

Tour Holyland on 23 November 2011 07.21 mengatakan...

keren ni gan...

ijin sedot gan...;))


TOUR HOLYLAND

Anonim mengatakan...

kalo mau daftar lewat online gmna? bisa?

Anonim mengatakan...

kayak ilmu ramal aja...

Anonim mengatakan...

than'xs yah atas informasi'a coz ane ju'mat mau tes sob doain smoga lulus tes'a
oh ya wktu ane gmbar pada klam 1 itu ane gambar jam sob, itu gpp
kt'a kalo gmbar yg garis mlnkung itu hrus bnda hidup yah.

yogga-rose on 28 Maret 2012 04.14 mengatakan...

thanks infonya :)

Anonim mengatakan...

barusan dosen aku nyontohin test ini..seru banget..

Anonim mengatakan...

maaf gan mw tanya..
sya setiap ikut tes kepribadian...sya sllu aja gagal ya...knp ?? pdhal perusahaan blum lhat kemamuas kita yg sesunguhnya di dunia kerja..
pdhal sy punya skill..
kadang saya jawab soal TES KEPRIBADIAN dgan apa adanya saya....tapi hasil nya tetep aja...tolong ksh solusi nya GAN...
totlong krim VIA email ke saya..
maryonoeno@ymail.com
mkasi sblmnya GAN

Anonim mengatakan...

maaf gan mw tanya..
sya setiap ikut tes kepribadian...sya sllu aja gagal ya...knp ?? pdhal perusahaan blum lhat kemamuas kita yg sesunguhnya di dunia kerja..
pdhal sy punya skill..
kadang saya jawab soal TES KEPRIBADIAN dgan apa adanya saya....tapi hasil nya tetep aja...tolong ksh solusi nya GAN...
totlong krim VIA email ke saya..
maryonoeno@ymail.com
mkasi sblmnya GAN

Anonim mengatakan...

halahh test sekarang tuh gak mutu, cuma mengagungkan sarjana S1 psikologi doang, menurut sy lowongan kerja sekarang hanya mempermudah orang-orang yang memiliki titel saja tp bagaimana dengan orang yg benar2 memiliki kemauan kerja tinggi dan benar2 butuh kerja, seharus nya psikotes tsb hrs ada jenjang nya dong bukan disama ratakan, saat ini psikotes rata semua mau SMA, SMK, D1, D2, d3, S1, S2 semua rata, kasihan bung orang yg mau dan rajin kerja klo gk bs masuk karena gk lulus tes

VACUM BEKAM (MESIN BEKAM) on 4 Juli 2012 22.33 mengatakan...

Ya, masuk akal juga tes ini, untuk memancing apa sebenarnya isi otak orang yg di tes

(Admin, alatbekam.net, MESIN BEKAM)

ALAT BEKAM on 4 Juli 2012 22.35 mengatakan...

Jika orang baik, maka tentunya hasil gambar waktu di tes juga baik-baik.

(Vacum bekam, Bekam tanpa cukur, www.alatbekam.net)

Anonim mengatakan...

kalo tes psikologi disebarkan kayak gini yah percuma dateng ke psikolog. gunanya di"tes" kan biar tau diri sendiri.mending merubah kepribadian dulu aja deh, ntar lama2 gambarnya berubah ndiri kog. emang sulit, tapi patut dicoba(rubah kepribadianmu). psikolog itu gak bisa dibohongi!

Anonim mengatakan...

Begitu banyak BUMN, Kementrian, Lembaga Negara, dan lain2 yang menggunakan jasa dari rekan2 jurusan psikologi untuk menentukan layak atau tidaknya seseorang untuk mengisi posisi serta jabatan tertentu yang ukuran / measurenya tidak pasti, terlebih lagi banyak trik untuk menjawab test tersebut sehingga hasil test sudah tidak relevan lagi,

apakah hasil yg sudah tidak relevan lagi tersebut masih digunakan sebagai dasar penilaian terhadap pribadi seseorang? yg menentukan gagal atau lulusnya seseorang? yang bahkan dasar penilaian tersebut hanyalah ilmu terka (menebak) berdasarkan sifat umum kepribadian manusia dari jaman dulu hingga sekarang yang tentu saja pasti mengalami perubahan dari masa ke masa.

dan anehnya lagi BUMN, Lembaga Negara, Kementrian, dll rela menggelontorkan banyak uang untuk test yang tidak relevan dengan kenyataan? tidak pasti? banyak anomali?

sebelumnya ada yang menanggapi bahwa untuk garis melengkung anda harus membuat sesuatu yg bersifat mahluk hidup...?
dengan garis melengkung saya dapat membuat scrup, piston, komponen mesin, gerbang logika, schema kelistrikan, dan banyak lagi yg tentu saja bukan mahluk hidup tetapi hal tersebut sangat berkaitan dengan kehidupan manusia karena fungsinya yang menunjang aktifitas kehidupan manusia.... hey man... dengan begitu apakah ada yang salah dengan imajinasi saya? dalam dunia ini banyak sekali sesuatu yang unik, yang hebat, yang luar biasa, akan tetapi berdasarkan pemikiran bahwa garis melengkung itu harus berisikan mahluk hidup... betapa kakunya anda? jika pemikiran seperti ini banyak orang dengan ide2 brilian yang anda nilai sebagai sampah...
karena patokan penilaian yang kaku, yang tidak relevan dengan kenyataan (mungkin penilaian tersebut masih relevan ketika medieval age / jaman pertengahan)

tetapi coba kita lihat zaman sekarang yg begitu intense dengan informasi sehingga semua orang dapat belajar banyak dengan akses informasi yang mudah, yg melahirkan banyak orang dengan kepribadian unik, beda, smart dan inteligent yang tentu saja tidak dapat dinilai dengan test2 yang ada sekarang.

bagi teman2 yang ingin terus belajar untuk lulus test2 psikology silahkan belajar, anda dapat banyak informasi di internet ini,

saya tidak menyalahkan atau merendahkan siapa pun, saya hanya ingin mengajak rekan2 terbuka, melihat segala sesuatu dengan sudut pandang yang lain, sudut pandang yang unik, yang jarang kita melihatnya dari situ. tidak usah marah, tidak usah resah, ataupun emosi, ini merupakan sebagian kecil dari sisi kehidupan yang kita jalani, jadi tidak usah terpaku terhadapnya, jalani dengan apa adanya, karena tujuan kita adalah sukses di dunia begitu pula di akhirat.




salam.

Anonim mengatakan...

Thank you,

:cendolbig

soal psikotes on 26 Februari 2013 06.09 mengatakan...

Artikelnya bagus mas, bermanfaat sekali buat yang mau ikutan psikotes. makasih ya. Silahkan berkunjung ke blog saya untuk info soal psikotes lainnya

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar tentang blog ini, usulan, saran dan kritik serta ide ide yang membangun.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hobi Unduh Fans

Berlangganan

Masukkan Emailmu Untuk Berlangganan Tutorial Terbaru Via Email:

Delivered by FeedBurner

 

Banner

Site Info

Powered by  MyPagerank.Net

widget
Postingan
Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik

Pop Up

Tutorial Tip Trik Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template