Wednesday, June 17, 2009

Candi Borobudur Sebuah Peninggalan

Candi Borobudur merupakan candi Budha yang dibangun sejak abad ke 9,di zaman dinasti saylendra,Candi Borobudur berbentuk punden berundak, yang terdiri dari enam tingkat berbentuk bujur sangkar, tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Selain itu tersebar di semua tingkat-tingkatannya beberapa stupa.Di setiap tingkatan dipahat relief-relief pada dinding candi. Relief-relief ini dibaca sesuai arah jarum jam atau disebut mapradaksina dalam bahasa Jawa Kuna yang berasal dari bahasa Sansekerta daksina yang artinya ialah timur. Relief-relief ini bermacam-macam isi ceritanya, antara lain relief-relief cerita jātaka.

Pembacaan cerita-cerita relief ini senantiasa dimulai, dan berakhir pada pintu gerbang sisi timur di setiap tingkatnya, mulainya di sebelah kiri dan berakhir di sebelah kanan pintu gerbang itu. Maka secara nyata bahwa sebelah timur adalah tangga naik yang sesungguhnya (utama) dan menuju puncak candi, artinya bahwa candi menghadap ke timur meskipun sisi-sisi lainnya serupa benar. Candi ini merupakan candi Budha terbesar yang ada di Indonesia, inilah gambar candi borobudur yang aku kumpulkan dari beberapa webssite lain :


















Rencanannya tanggal 30 Juni 2009 akhir bulan ini aku mau ke Borobudur, sekalian mengambil foto untuk dokumentasi dan mengisi koleksi foto foto di blog ini, Borobudur adalah peninggalan besar untuk bangsa ini jadi mari kita lestarikan peninggalan para leluhur kita.

1 comments:

SOUND GARDEN FLOWERS on February 6, 2013 at 7:54 PM said...

Nice

Post a Comment

Silahkan tulis komentar tentang blog ini, usulan, saran dan kritik serta ide ide yang membangun.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hobi Unduh Fans

Berlangganan

Masukkan Emailmu Untuk Berlangganan Tutorial Terbaru Via Email:

Delivered by FeedBurner

 

Banner

Site Info

Powered by  MyPagerank.Net

widget
Postingan
Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik

Pop Up

Tutorial Tip Trik Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template